Friday, December 8, 2017

Cara Mengatasi Nilai Suatu Mapel Tidak Muncul di Cetak Rapor di Aplikasi e-Rapor SMP

Pada dasarnya tujuan pemerintah dalam hal ini adalah Kemendikbud RI meluncurkan produk aplikasi penilaian berupa aplikasi e-Rapor yang bersifat nasional untuk jenjang SMP adalah untuk mempermudah penilaian oleh guru.

Namun kenyataan dilapangan masih jauh dari ekspektasi yang diharapkan. Hal ini dapat dilihat dari berbagai permasalahan yang timbul dalam pengerjaan penilaian menggunakan aplikasi e-Rapor. Dimulai dari pemasalahan non teknis hingga yang bersifat teknis.

Salah satu permasalahan yang timbul pada pengerjaan aplikasi e-Rapor adalah nilai suatu mapel tidak muncul di cetak rapor. Tentu hal ini membuat deg-deg an bagi administrator. Mengapa hal ini bisa terjadi? Ada beberapa sebab yang mendasari mengapa nilai mata pelajaran tertentu tidak mau muncul di cetak rapor.

Pertama, mata pelajaran yang nilainya tidak mau muncul tersebut kemungkinan belum terpetakan pada mapping mata pelajaran. Kedua, bisa saja disebabkan karena KKM dan interval predikat mapel tersebut belum dibuat dan disimpan. Yang ketiga inilah yang bikin nyesek, entah karena belum sempat karena belum selesai atau alasan lainnya, guru mata pelajaran belum melakukan proses kirim nilai akhir. Ya jelas lah, lah wong nilai belum dikirim kok, mana bisa muncul di cetak rapor.

Untuk mengatasai permasalahan tersebut, ada baiknya membaca dengan seksama cara mengatasi nilai suatu mata pelajaran yang tidak muncul di cetak e-Rapor SMP.

  1. Pastikan bahwa mata pelajaran tersebut telah terpetakan pada “Mapping Mata Pelajaran” , Admin dapat meninjau kembali pada menu “Referensi Data Lokal>>Mapping Mapel”.
  2. Pastikan bahwa KKM dan interval predikat mata pelajaran tersebut telah di buat oleh Admin.
  3. Admin dapat meninjau kembali pada menu “Referensi Data Lokal>>Data KKM Mata Pelajaran”. Kemudian tinjau pula “Referensi Data Lokal>>Data Interval Predikat”.
  4. Pastikan guru mata pelajaran telah melakukan proses “Kirim Nilai Akhir”. Admin dapat memantau ini pada menu “Hasil Pengolahan Nilai>>Status Penilaian”.
  5. Kotak warna hijau pada kolom status “ KirimNilai”, menunjukkan guru telah mengirim nilai akhir. Jika masih berarti merah, berarti guru tersebut belum mengirimkan nilai akhir. Selanjutnya wali kelas dapat berkoordinasi dengan mata pelajaran yang bersangkutan.

Status Penilaian Oleh Guru
Harus ada hubungan dan koordinasi yang baik antara administrator, guru mata pelajaran dan wali kelas sehingga permasalahan tersebut dalam dihindari sejak awal.

3 comments:

  1. Bagaimana jika pada aplikasi rapor deskripsi nggak mau muncul pada mata pelajaranbtertentu..please mohon bantuannya

    ReplyDelete
  2. Cara buat interval predikat nilai di erapotnya gimana ya pak?makasih

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca blog pribadi saya. Silahkan share dan tinggalkan komentar demi kemajuan dan keberlangsungan blog ini.