Wednesday, September 27, 2017

Tanya Jawab (Q & A) Seputar Permasalahan PMP 2017

Tanya Jawab Seputar Permasalahan PMP 2017

Hadirnya PMP sejak tahun lalu dan tahun ini, sedikit banyak cukup menyita waktu dan tenaga para operator sekolah. Bahkan tidak jarang menimbulkan beberapa permasalahan yang cukup mengganggu pengerjaan PMP hingga selesai. Mulai dari kebijakan siapa yang harus mengisi kuesioner seharusnya, apa konsekuensi atau imbal balik yang didapat oleh operator hingga permasalahan aplikasi yang tidak bisa diinstal dan tidak terhubung dapodik.
Nah kali ini mari kita bahas beberapa permasalahan yang timbul dalam pengerjaan PMP 2017. Mungkin banyak sekali pertanyaan yang muncul dalam benar kita terkait pengerjaan PMP yang cukup melelahkan ini.

1. Aplikasi PMP versi berapa yang harus digunakan? (PMP Versi.2.0 vs Versi.2.1)
Banyak yang bingung juga, aplikasi PMP versi berapa yang harus digunakan.  Apakah aplikasi versi 2.0 ataukah updaternya versi 2.1. Sebetulnya tidak usah bingung. Pengerjaan Aplikasi PMP periode tahun pelajaran 2017/2018 dapat menggunakan versi 2.0 ataupun juga Updater 2.1. Namun apabila data responden PMP 2017 telah terpenuhi, dapat melakukan konfirmasi dan pengiriman data, serta tercatat sudah kirim/diproses di website pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id, berarti sekolah telah memenuhi kewajiban pengiriman data PMP 2017.

2. Apa saja yang harus diperhatikan saat akan memperbaharui aplikasi PMP 2017?
Masalah tersebut sebetulnya sudah saya bahas diartikel sebelumnya. Namun masih ada beberapa yang bertanya bagaimana langkah sukses memperbaharui aplikasi PMP 2017 dari versi 2.0 ke versi 2.1. Langkah yang harus diperhatikan dalam memperbarui aplikasi PMP adalah sebagai berikut:
  • Backup Data PMP dan simpan di folder yang aman (bukan folder Program Files)
  • Lakukan Instalasi sesuai dengan jenis file yang digunakan yaitu Installer (85,88 MB) atau Updater (45,7 MB)
  • Instalasi menggunakan Installer: Backup data -> Uninstall versi 2.0 -> Install versi 2.1 -> Restore data yang telah di-Backup
  • Instalasi menggunakan Updater: Backup data -> Install Updater versi 2.1
  • Cek Ulang Kofirmasi dan Kirim Data
Baca juga :
- Cara Sukses Instal dan Update Aplikasi PMP 2017 Versi Terbaru (Versi 2.1)
- Cara Sukses Kirim PMP 2017 
3. Masalah apa saja yang sering muncul di aplikasi PMP 2017?
berdasarkan hasil pantauan di lapangan beberapa kesalahan dan masalah yang sering dijumpai pada Aplikasi PMP tahun 2017 yaitu:
  • Data Lupa belum di-Backup sehingga mulai dari awal lagi pengisian kuesionernya. 
  • Lupa melakukan simpan data saat selesai mengerjakan kuesioner sehingga ketika logout data kuesioner belum tersimpan
  • Kesalahan menggunakan file Instaler/Updater. Seharusnya menggunakan Installer jika ingin melakukan instal ulang aplikasi, atau sebaliknya jika tidak melakukan instal ulang maka langsung saja menggunakan updater. Perbedaan terdapat pada ukuran file tersebut.
  • Menggunakan dua aplikasi Dapodik dalam satu laptop
  • Tidak dapat melakukan salin PTK atau PD, dsb.
4. Bagaimana waktu pemrosesan data PMP di Website PMP? Real Time/Jeda Waktu?
Waktu pemrosesan data di website PMP dari mulai dikirim sampai dengan sudah diproses dilakukan secara tertunda/tidak real time dengan penjelasan berikut:

  • Status Pengiriman adalah: Belum Kirim – Sudah Kirim – Sudah Diproses atau Gagal Diproses
  • Setelah sekolah berhasil melakukan proses pengiriman data, maka server hanya menerima file-file PMP sekolah.
  • Update Pengiriman Sehari (1x24 jam) setelah sekolah melakukan pengiriman, maka server memproses file-file PMP dengan mencatat log /waktu pengiriman beserta data jawaban ke dalam database. Misalnya jika sekolah melakukan pengiriman di tanggal 20 September 2017, maka log pengiriman baru akan masuk ke dalam database pada tanggal 21 September 2017.
  • Setelah log pengiriman sekolah dan file PMP diproses, maka website PMP melakukan sistem pembaharuan informasi secara berkala setiap 6 jam sekali yaitu pukul 00.00 WIB, 06.00 WIB, 12.00 WIB dan jam 18.00 WIB. Jadi misalkan waktu pengiriman yang sudah diproses dan masuk ke dalam database selesai pada jam 09.00 WIB, maka datanya baru bisa dilihat pada pukul 12.00.
  • Jika dalam waktu lebih dari 3x24 jam data masih menunjukkan status Belum Kirim atau Gagal Diproses silahkan menghubungi LPMP, Dinas terkait untuk diinformasikan kepada admin pusat.

Masih adakah permasalahan lain yang perlu dibahas? Silahkan tulis di kolom kementar yang disediakan.

6 comments:

  1. Maaf Pak saya yohanes OPS REJANG LEBONG, ini sy mau tnya, knp pmp yg telah terisi semua, tapi msh Ada Tanda silang Merah nya pak,.. Silang Merah nya Selalu muncul di bagian komite paK, sdngkn kuisioner utk komite telah terisi Dan telah konfirmasi pak,.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah dipastikan 100% terisi kuesionarnya? Kemudian PMP yang terpasang versi berapa? Solusi, backup datanya, uninstal PMP kemudian instal ulang PMP nya, restore data yang sudah dibackup tadi.

      Delete
  2. saya selalu berhenti di 100% pak. apakah server nya lagi penuh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berhenti 100% saat kirim ya pak? Saat kirim PMP upayakan jangan di close saat sedang mengirim. Waktu normal saat kirim PMP Maksimal sekitar 15 menit jika jaringan internet kurang stabil. Jika lebih dari itu, bisa dipastikan data hanya belum terkirim. Ulang lagi mengirimnya, lihat responden mana saya yang sudah terkirim kan terlihat, yg sudah terkiirm jangan diikutkan kirim lagi. biar ringan saat mengirim.

      Delete
  3. Maaf pak, sy mau tanya d pmp 2018 kenapa kuisioner pengawas yg poin A tidak bisa di buka y..isinya blank..mohon bantuannya

    ReplyDelete
  4. pengawas kami juga seperti itu ya.. mohon di beri pendapt bagi yang mau bantu.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca blog pribadi saya. Silahkan share dan tinggalkan komentar demi kemajuan dan keberlangsungan blog ini.